Majapahit vs Samudera Pasai: Siapa Dijajah Siapa? (ilusi Majapahit 3)


Melanjutkan tulisan pertamax dan keduax saya … masih tentang perdebatan seberapa besar Majapahit dulu ada

silahkan klik tulisan bergaris bawah untuk flash back

reka ulang bendera Majapahit

Melihat usia Majapahit yang bertabrakan dengan kerajaan Samudera Pasai …

Samudera Pasai (Berdiri 1267M – 1561M)
Majapahit (Berdiri 1293M – 1500M).

Menimbulkan ambigu atas klaim kebesaran Majapahit.  Alibi bahwa Majapahit bisa menguasai Nusantara dinafikan bahwa selama usia berdirinya ada kerajaan Besar dan masyhur yang mendapat bekingan dari kesultanan-kesultanan Islam di India dan Timur Tengah. Samudra Pasai.

Pertama… Catatan Chou Ku-fei, Marco Polo, Ibnu Batutah dan

Chou Ku-fei bertahun 1178 menggambarkan tentang cikal bakal kerajaan Pasai, yaitu kerajaan Perlak yang sudah memeluk Islam dan hanya berjarak 5 hari pelayaran dari Jawa. Selanjutnya, Perlak (ferlec) menjadi pelabuhan utama Samudera Pasai.

Catatan Marco Polo (tahun 1292 M) setidaknya membuktikan bahwa Pasai merdeka dari Majapahit. Kalau Pasai adalah jajahan Majapahit,  rombongan ratu China yang dia bawa (2000 orang) pastilah tercatat dalam Negarakretagama ataupun terlampir dalam sejarah China sebagai kunjungan ke Majapahit, nyatanya yang tertulis di sejarah China sono adalah “Fa – Chai”. Ini sekaligus menjadi bukti bahwa pasai bebas aktif dan disegani dalam diplomasi hubungan internasional. 

Sedang catatan Ibnu Batutah yang singgah di Pasai pada tahun 1345 M menggambakan perayaan penyambutanya oleh Sultan Malik az-Zahir.  Menurut Ibnu Batutah, Samudera Pasai berkembang menjadi pusat perdagangan internasional. Pelabuhannya diramaikan oleh pedagang-pedagang dari Asia, Afrika, Cina, dan Eropa. Catatan Ibnu Batutah ini diamini oleh Marco Polo.

Kedua … Portugis lebih mengincar Pasai daripada Majapahit.

Seperti yang kurang diketahui. Tahun 1400-1500 an bangsa Eropa sibuk mencari sumber rempah-rempah, kenapa?. Karena mereka sedang di embargo dan Harga rempah-rempah juga dimainkan oleh Kerajaan-kerajaan Islam sebagai akibat pembalasan dari Perang Salib. Naghh bangsa Eropa kemudian berinisiatif untuk mencari sendiri sumber rempah-rempah itu (Kepulauan Indonesia, Filipina dan terutama India)

Maka wajar jika kemudian Portugis yang datang tahun 1500 melihat potensi dan ancaman Pasai lebih besar daripada Majapahit (yang katanya menguasai Nusantara). Ancaman Pasai lebih berupa diplomasi internasional Pasai yang akrab dengan Dinasti Moghul (Mongol) di India. Padahal Portugis sendiri juga mengincar India.

Nggak heran jika saat ada sedikit kesempatan di tahun 1561 karena pergulatan Sunni melawan Syiah, Portugis langsung menggempur habis Samudera Pasai dan mengontrol selat Malaka secara total.

Ketiga … Koin Islam dan Status Majapahit atas Samudera Pasai.

Dalam tata negara kerajaan Islam sampai dengan Abad Pertengahan. Ada status “dzimmy” yaitu negara non Islam yang mendapat perlindungan dengan syarat membayar “jizyah” sesuai ketentuan. Ketentuan utama jelas, bahwa mata uang yang diserahkan haruslah berbahan emas yang sering disebut “dinar” atau dari perak “dirham”

Nah, koin emas islam Majapahit  bertolak belakang dengan koin tembaga yang umum dipake oleh Kerajaan Majapahit. Apalagi ukiran “la ilaha illa Allah” jelas bertolak belakang dengan keyakinan fundamental Majapahit. Apalagi untuk sumber daya mineral (emas, perak, tembaga) masih harus impor dari China.

Maka kemungkinanya menurut saya, Majapahit adalah kerajaan “dzimmy” dibawah  Samudera Pasai. Dan Jizyahnya adalah dinar dan dirham yang sesuai dengan ketetapan Kerajaan-kerajaan Islam di seluruh Dunia saat itu. Apalagi di tengah koin itu ada lambang kebesaran Majapahit.

Jadi, coin emas itu memang keluaran Majapahit, bukan dari India, Arab, China atau Eropa … berikut adalah dinar-dinar emas yg sezaman

Coin Mughal India dengan Kaligrafi khas persia yang halus dan huruf pallawi

Koin emas China yang juga banyak ditemukan di Indonesia

coin dari eropa biasanya bergambar raja penguasa.

Iklan

24 pemikiran pada “Majapahit vs Samudera Pasai: Siapa Dijajah Siapa? (ilusi Majapahit 3)

  1. seperti biasa, nice artikel!

    wah sekarang udah disertai komparasi bukti kang! makin MANTABBBBBBB!
    Ada beberapa hal yang mengganjal kang, antara lain:
    1. koin tersebut digunakan pada tahun berapa?
    2. koin tersebut apakah digunakan hanya di pasai, hanya di majapahit atau di kedua kerajaan koin ini digunakan?
    3. wajar jika portugis lebih mengincar samudra pasai, karena tempatnya strategis, karena menjadi pintu gerbang pelayaran dari nusantara ke luar nusantara dan sebaliknya

    sekali lagi MANTABBBB kang!

    Suka

  2. masuknya islam seraya mengembangkan islam dan menghancurkan bangunan2 pemujaan,dokumen2(lontar),sisa-sisa pemeluk agama Buddha dan Hindu lari Gn.Bromo,Bali.dan Lombok

    Suka

  3. Wah …ini pembuktian yg gak logis kang anda menuliskan Majapahit (Berdiri 1293M – 1500M). sedangkan ( Catatan Marco Polo (tahun 1292 M) setidaknya membuktikan bahwa Pasai merdeka dari Majapahit. ) itukan majapahit belum berdiri lucu ya…..he he he tetap semangat nulis….

    Suka

  4. bagus.. tulisannya.. namun demikian masih harus dilakukan pengkajian mendalam tentang hubungan samudra pasai dan majapahit,, kami pribadi saat ini sedang dan telah melakukan penelitian tentang samudra pasai secara lengkap diwilayah Aceh.. dari kesimpulan sementara hubungan majapahit dan pasai.. masih misteri.. namun yang jelas terjadi kontrak antara samudra pasai dan majapahit.. baik itu bilateral maupun perperangan..berkenaan dengan koin. atau dirham, samudra pasai mengeluarkan beberapa jenis dirham diantaranya 1, terbuat dari emas, dengan ciri menyebutkan nama raja, misal dirham ahmad, yang dikeluarkan oleh raja ahmad II, malikul jahir, dikeluarkan oleh Zainalabiddin II, dsb, 2. yang terbuat dari perang dalam bahasa Aceh disebut “Keuh” juga demikian menyebutkan nama-2 raja.. untuk saat ini ada indikasi justru samudra pasai mengalami kekalahan perperangan oleh majapahit dan tunduk selama 3 tahun.. ini masih perlu dibuktikan.. bukti2 yang dapat disaksikan adalah mutif makam ditriwulan yang menyebutkan orang besar pasai.. atau ada kemungkinan makam tersebut adalah makam keponakan Jainalabiddin III, yang melarikan diri setelah merampas harta keraja samudra pasai.. Insyaallah kami merencanakan penelitian kepulau jawa di masa yang akan datang..

    Suka

  5. berikut : kutipan dalam buku Adaudah Samudra Pasai..

    Sepeninggal Sultan Al-Malik Azh-Zhahir (II) dan Al-Jaq Al-Malik Shalahuddin, dan menjelang paroh kedua abad ke-8 H/14 M tampaknya Samudra Pasai (Syummuthrah; Sumatera) mengalami kemerosotan dan kemunduran dari masa-masa sebelumnya. Kualitas kaligrafi pada batu nisan makam Ratu Dannir di Menye Tujoh menunjukkan penurunan taraf kebudayaan dan peradaban yang dialami Samudra Pasai pada paroh kedua abad tersebut.
    Sampai saat ini belum ada keterangan yang dapat dipertanggungjawabkan mengenai bagaimana Sultan Zainal ‘Abidin mampu melampaui kedua tantangan besar ini. Sebagian tradisi tutur menceritakan panjang lebar bagaimana Sultan Zainal ‘Abidin lewat panglima-panglimanya berhasil menghalau angkatan militer Majapahit yang dipimpin Patih Gajah Mada, namun sebagian tradisi tutur yang lain justru mensinyalir Majapahit berhasil menguasai Samudra Pasai, malah ada lagi yang menyebutkan bahwa seorang ratu yang makamnya berada di Menye Tujouh, Aceh Utara, adalah ratu yang diangkat dan memerintah atas nama Majapahit di Samudra Pasai. Banyak kontradiksi dalam berbagai [versi] tradisi tutur namun yang jelas semuanya belum dapat dipertanggunjawabkan secara meyakinkan.

    Suka

  6. tapi yg saya aneh kan mengapa situs2 kerajaan aceh di hancurkan dan tidak ada nampk lagi….setau saya aceh kerajaan yg besar, sampai belanda pun mengakui nya

    Suka

  7. menurut saya Samudra Pasai merupakan kerajaan besar (pusat pemerintahan) yang terdiri dari kerajaan2 kecil yang menguasai daerah-daerah tertentu dari Atjeh sampai SUMUT atas dasar pengakuan dari setiap “raja2” tersebut. Bila Samudra Pasai pernah dikalahkan perang oleh majapahit selama 3 tahun, bukan berarti raja2 tersebut mengakui telah dikalahkan majapahit.. Seperti Portugis hanya dominan menduduki bagian barat Atjeh, Belanda hanya dominan menduduki wilayah timur dan utara.. nah untuk wilayah tengah dan tenggara aksesnya sangatlah sulit apalagi ditaklukan (?????).. Itulah sebabnya semenjak dari kerajaan Samudra Pasai sampai NKRI merdeka, Atjeh tidak pernah dijajah, hanya pernah diduduki.. Gmn nih mnurut para pecinta sejarah diatas, pencerahannya dunk.. 😀

    Suka

  8. Hikayat Raja Raja Pasai, Hikayat Hang Tuah dan Sejarah Melayu sebagai karya sastera sejarah non jawa memiliki memori kolektif tentang kebesaran majapahit

    Suka

  9. Marcopolo mendeskripsikan samudera pasai sebagai java minora dan majapahit sebagai java majora sementara ibnu batutah mendeskripsikan samudera sebagai jawa dan majapahit sebagai mul jawa saya kira deskripsi detilnya jelas majapahit lebih besar dari pada pasai asumsi anda tdk cukup kuat

    Suka

Beri tanggapan anda, mohon maaf bila tidak bisa membalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s