Susahnya Spare Part Honda New Megapro


Sudah hampir setahun New Megapro 150CC lahir. Tapi kenapa Busi yang termasuk part fast moving susah sekali didapat?. Bener-bener dah, apa bedanya NMP dengan Pulsar yang emang terkenal susah nyari spare part.

NMP saya sudah jalan hampir 10.001KM. Sekarang jadi boros, top speed menurun, bahkan diajak naik gunung jadi ndut-ndut-an. sudah dicek, stel klep, dan masalahnya ya itu tadi, Busi-nya udah uzur.

Untuk perkara busi, saya emang nggak mau kompromi. Pertama, karena ini menyangkut proses pembakaran dan performa mesin, kedua: karena toh harganya nggak mahal-mahal amat kok, masih dibawah 20ribu πŸ˜‰ , Ketiga: karena punya pengalaman buruk saat jalan jauh memaksa motor make busi tua.

Sebenarnya saat menginjak KM 8000-an, sewaktu kopdar koboys bersama kucing ireng (sekitar 2 bulan lalu). Saya sudah mewaspadai perkara busi ini, dengan mampir di bengkel-bengkel AHASS besar sepanjang jalur Solo-Jogja. Tapi jawaban mereka “idem”, nggak ada!.

Bengkel AHASS langganan sudah mencoba pake busi Megapro Lama DENSO X24EP-U9, tapi ternyata nggak sama. Lobang di NMP lebih kecil, sama dengan lubang supra-X 125.Β Naghh gimana ini AHM?, masak motor 150cc ditancepin busi Supra-X 125 NGK-CPR6EA-9? … klo ada apa-apa sopo sing rugi?

Saya juga sudah mencoba mengirim email ke customercare Honda, tapi selalu gagal. Ngisi form pengaduan di MPM juga selalu failure. Ada sabotase kah? :mrgreen:

Sungguh memalukan kalau sampe part fast moving bernama Busi saja harus inden!. Bener-bener harus siap sedia amplas dibawah jok :mrgreen:

57 thoughts on “Susahnya Spare Part Honda New Megapro

    1. Amama Ali Penulis Tulisan

      menurut buku panduan CPR9EA untuk kecepatan tinggi klo CPR8EA untuk pemakaian normal, masalahnya dua busi itu dimana-mana gak ada
      ditoko onderdil juga gak ada, di AHASS juga gak ada
      mekanik malah mekso pake CPR6EA yang untuk supra 125

      Suka

      Balas
  1. Vyzex

    Oooooo….beli di luar ahass aja…yg penting kan merk denso.
    Atau merk ngk juga bisa..
    Atau sekalian aja pake busi iridium.

    Tapi sampeyan dah pesan belum?

    Setau saya semua part bisa dipesen dg jangka waktu sekitar 2 Minggu..
    Bawa STNK, utk brg yg mahal mesti dibayar lunas..tapi kalo barang murah (kayak busi) nggak usah bayar di depan.

    Suka

    Balas
      1. Amama Ali

        irridium nggak lebih baik kok dari pemakaian harian
        NMP normal-normal aja kok, masalah yg ini cuma gara-gara mekanik ahas gak tahu persamaan kode NGK ke Denso
        secara, Honda banyak memakai Denso, sedang dibuku panduan adanya cuma NGk thok

        Suka

  2. Imaniz

    Saya jg punya NMP mas. Kmrn baru ja ganti busi. Waktu di AHASS diinfokan kalo busi NMP sama dengan busi yg dipake di beat. Setelah diganti ga ada masalah tuh,tetep ngaciiirr. Yg penting kan ukuranya sama,bukan masalah motor sport ato maticnya. Ato mas pesan ja busi yg dimaksud lewat AHASS,nanti biar diorderin ke AHM.

    Suka

    Balas
      1. Amama Ali Penulis Tulisan

        oke sama, tapi dibuku panduan yang tertulis hanya yg NGK, yg Denso orraa, makane td bingung persamaan NGK : Denso, sekarang wis clearr

        Suka

  3. micoas3

    berbagi pengalamn nih.tadi siang baru servis tigerku.di nss singkawang.rencana ganti busi juga.eh ternyata stok kosong.ini kebetulan atau emang lagi nasib ya.hehehe akhirnya bali busi diluar deh.;dan alhamadulilah dapat juga spek untuk tiger yang pake merk NGK

    Suka

    Balas
  4. nanared

    kayaknya spare part nmp memang musti inden ya,beberapa bulan lalu,ane ndlosor,sein kanan depan pecah,ke AHASS disuruh indent dengan lama antara 20 hari s/d 1 bulan,harga mika sein 90 ribu*sial~kata brader di HMPC cuman 75 ribu, yang jaga di beres mo ngadalin ane kali~*plus bohlam sein pecah inden juga..
    keluar ketoko variasi nemu sein lengkap sepasang yang modelnya “agak” mirip cuman 35 ribu,bohlam beli cuman 2 ribu,indenan ane di AHASS?.sorry bro biar dia kapok pasang harga aneh ama pelanggan barunya.*ane liat di part catalog,mika sein yang ane cari cuma Rp 68.900,kalo gak salah ingat

    Suka

    Balas
  5. boerhunt

    Sapa blang pulsar susah sparepart, fast moving parts macam busi kabel kopling, gas, ready stok, ane stok kabel kopling ama busi dibagasi bawah jok penumpang kalo2 ada masalah pas turing, sampe skrg blom kepake udah setahun (11rb km), malah ane pernah beli shock belakang punya p200 (krn pengen lebih pendek, cuma inden 2 minggu tuh), mau ganti kampas rem aja lgs pasang kok, ane dah ganti sekali, susah sparepart itu mah dulu kaliiiii..cerita usang πŸ˜€

    Suka

    Balas
  6. Vyzex

    Emang tuh.kurang ajar kasir kayak gitu.
    Skrg cari ahass yg pake printout biar nggak dikadalin.

    Pernah juga beli di Ki mi a farma,
    Di bungkus, HET 55.000

    Dia jual 75000

    Waktu diminta struknya, dia bilang printer rusak

    Suka

    Balas
    1. astro

      wkwkwk ko sama ya ane dulu pas di atotik juga, padahal ada tulisan mintalah struk dll di meja kasirnya tapi kasirnya juga bilang lg ga bisa ngprint ato apa gtu, mungkin jaman sekarang konsumennya yg musti cerdas

      Suka

      Balas
  7. Vyzex

    Soal busi lagi.
    Kalo emang businya sama dg beat, knapa juga di ahass yg ditanya sebelumnya nggak kasih tau..

    Oon juga nih..
    Emang, beres nggak semua sama.

    Suka

    Balas
  8. wong

    iya nih, sebagian ahass kok suka mainin harga gitu yach?? mentang2 banyak yg pake honda trus mo seenaknya gituh?? hati2 aja…

    Suka

    Balas
  9. Ping balik: Masalah BUSI NMP Clearr! « RODA 2 BLOG

  10. hendra

    mang ia nih,,susah sperpat nmp.
    kmrin bis glusur, com stir,stef depan, batok depan,spion rusak,,
    sampe sekarang brang ora ono,
    padahal pesen sbelum puasa….
    ammmpuuunnnn dahhhh honda ni,,,
    padahal delernya gede2,,
    trus isi delernya apa aja tuh????

    Suka

    Balas
  11. Renard

    NMP punya saya juga sampe sekarang susah sekali cari sparepartnya. Gear sama rantainya aja sudah payah, tapi di AHASS belum tersedia…

    Suka

    Balas
  12. septian

    baru busi gan… saya inden spare part batok lampu plus riting aja 2 minggu gan.. padahal motor sudah lama kenapa ya gan sulit amat spare partnya???

    Suka

    Balas

Beri tanggapan anda, mohon maaf bila tidak bisa membalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s