Review Honda Karisma 125 2005 by Adhy: Motor Getar yang Cetar Membahana


karisma

Si Karisma Tua Yang Masih Setia  . . . . .

Honda Karisma X 125 tahun 2005 adalah motor dengan fitur batok getar yang setia menemani saya sampai saat ini, lumayan tua lah sudah hampir berumur 10 tahun akhir januari tahun depan. Sebenarnya tidak ada alasan saya memilih motor ini, karena dulunya ini adalah motor ibu dan yang memilih ya ibu saya dan diamanahkan ke saya serta mulai rutin saya pakai tahun 2008 buat wara-wiri,weh . . .weh . . .weh . . . . ke sekolah-rumah.

Walaupun tak ada alasan kenapa memilih motor ini, tetapi saya langsung klop dengan motor Karisma yang kadang saya panggil si Semut, bahkan ada kata-kata yang paling saya ingat “walau beli motor baru, aku tetap pakai motor ini dan jangan dijual pokoknya mau tak pakai sampai protol”. Sampai sekarang cuma saya yang mau pakai si Semut terlebih setelah saya operasi mukanya dengan beberapa aksesoris yang mungkin dimata orang lain norak atau apalah tapi saya enjoy dan menikmati kembali berkendara dengan si Semut setelah sebelumnya terasa datar dan datar saat memelintir gas si semut.

karisma1

Variasi yang terpasang pada si Semut antaranya pada sisi stang kemudi, eh?ini masuk ke variasi atau modifikasi ringan ya?anggap saja variasi dengan memodifikasi ringan si Semut 😀 batok karisma yang sudah mulai getar lagi, ya getar lagi setelah beberapa tahun lalu sempat saya ganti baru akhirnya dilengserkan,ckepalanya saya sembelih dan stangnya saya rubah menjadi seperti Yamaha Xride, stang terbuka agar presh dan batok yang getar bisa ilang, risih. Lampunya saya pasangi kepala variasi milik klx, gado-gado lah pokoknya,xixixixi . . . . . inspirasinya memang dari Xride dan beberapa part juga memakai milik Xride, tapi hasilnya sih jauh banget dari Xride, ra masalah penting aku puas,hahaha . . . . :mrgreen:

Si semut ini sudah tidak muda lagi dan setiap minggu saya paksa merayap sejauh yang saya mau, ya sekitar 400 KM bolak-balik. Alhasil karena sering merayap jauh dan olinya sering saya sepelekan si Semut pun ngebul kaya motor 2 tak, sukses turun mesin. Galau bro mikirin buat naikin mesinnya lagi :mrgreen:

Daleman mesin pun dicek satu persatu silinder baret, ring piston minta ganti akhirnya nginep di bengkel rumahan tetangga saya. Entah apa yang dilakukan saya tak tau pasti karena harus saya tinggal. Rubahan terpaksa alias modifikasi daleman mesin karena kepepet atau lebih tepatnya sih servis besar dilakukan selama sekitar 2 minggu hingga si Semut siap direyen untuk kedua kalinya,xixixi . . . . motorku sukses puber kedua :mrgreen:

Sudah memasuki hampir 30.000 KM setelah turun mesin dan semoga tetap awet deh . . .

20052014658(1)Pemakai gen nf125 seri-seri awal pasti tahu betul keluhan-keluhan yang ada di motor ini, yang pertama dan paling utama jelas fitur getarnya yang khas pada batok lampunya hingga saya mau gak mau modif kepalanya jadi kepala gado-gado(bukan mau gak mau sih, sebenarnya kepengin,xixixi . . . . ). Tapi buat yang mau mempertahankan bentuk aslinya bisa diatasi dengan mau repot membongkar batok lampunya secara rutin, dudukan bautnya biasanya retak dan pada pecah. Alteco, karet ban bekas dan doubel tape cukup untuk menghilangkan fitur getar itu selama enam bulan :mrgreen:

Keluhan yang kedua, shock belakang si Karisma itu keras . . . . . . polll . . . . bahkan saat masih baru shocknya kaya shock bekas. Ganti saja dengan shock belakang milik Supra x 125 yang knalpotnya sudah beda dengan Karisma, selama hampir tiga tahun saya pakai shock belakang milik Supra x dua mata sih wenak-wenak saja. Pemasangan shocknya pun tinggal plek, praktis lah.

karisma4Kadang berandai-andai kapan ya ada karisma x 150 fi,xixixixi . . . . . mungkin terlalu menghayal tapi jujur sih ingin ada gen karisma lagi dengan bentuk yang lebih presh dan harapan yang lebih penting sih semoga spare partnya tetap ada dan mudah didapatkan walaupun part KW dan kehandalan mekanik dalam akal-akalan tak akan terbatasi part, paling tidak sih semoga masih ada yang jual body aslinya sampai seterusnya 😀

Kenangan terindah bersama motor??xixixi . . . . .pas SMA bisa deket sama cewek yang saya suka, boncengan kemana-kemana terus jadian, sampai sekarang dan semoga kelak menjadi pendamping hidup saya, doakan ya . . . . . . amiiiin  . . . . 😀 (review motor malah diakhiri dengan curcol dan minta doa,xixixixi . . . .)

Ya, itu sedikit cerita dari si Semut motor saya . . . . . motor itu benda mati tapi kalau kita rawat dan perlakukan dengan baik, seolah dia bisa membalas budi pada kita.

Terima Kasih . . . . . dan jangan lupa doanya,xixixixi . . . . . :mrgreen:

karisma6

13 thoughts on “Review Honda Karisma 125 2005 by Adhy: Motor Getar yang Cetar Membahana

  1. gc133hijrah

    Amiiiiiin……..
    Motor pertama ane yg ane beli dengan uang sendiri nih…..
    Karisma ane karisma 2003.
    Udah turing sampai sumatra….. Tarikannya aga lemot, tp nafasnya panjaaaang……. Bodinya getar semua… 😀

    Suka

    Balas
  2. moncerr

    Om, dulu servis besar mesin Karisma habis brapa ya?? Saya ada Karisma 2003 yang pengen saya restorasi biar tarikannya kayak motor baru lagi

    Suka

    Balas
  3. Defa Efendi

    artikel yang menarik. karisma adalah cinta pertama saya juga. motor dimasa smk dulu. operan dari tetangga yang butuh uang. masalah batok getar yang sama, shok belakang keras yang sama, pernah dapat kenangan terindah juga. pun sudah di puber ke dua juga. Tosss !!

    Suka

    Balas
  4. veka

    emang wenak karisma punya saya tahun 2004 smpai skrng gk pernh eror paling” perawatan ya oli doang bulan kemarin aku ksih cleaner engine mantab nggk klh sama supra wakaka aku buat touring kemana” juga gk eror di pasang hand guard lampu hazard bell keong juga tetep oke” aja di pasang box pun juga keren emang sipp bner dah tuh motor aku klo manggil ma si black karna warnanya yg hitam wakakaka

    Suka

    Balas

Beri tanggapan anda, mohon maaf bila tidak bisa membalas

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s