Arsip Kategori: Hobi Batu Akik

Cara Mengeluarkan Jarong Black Opal Batu Kalimaya Dengan Treatment Matrix


image

Pesona Batu Kalimaya Banten memang menawan. Di Indonesia hanya di daerah Banten terdapat kandungan batu kalimaya. Batu kalimaya atau disebut juga sebagai Batu Opal.

Baca lebih lanjut

3 Trend Batu Alam Bulan Oktober


Musim batu mulia belum berakhir gan. Dari cincin sekarang masuk ke interior rumah. Rumah baru belum lengkap jika tak ada dekorasi batu alam.

Berikut 3 jenis dekorasi batu alam yang cocok untuk rumah sobat plus lagi ngetrend sekarang .

image

1. Batu Brobos
Jenis batu berwarna kuning cocok untuk segala kebutuhan interior rumah. Mau dijadikan pagar tembok, jalan taman, atau lantai dapur juga mantab.

Baca lebih lanjut

5 Sepeda Motor Revolusioner Di Indonesia


image

5 motor revolusioner

1. Suzuki Shogun
Apa motor masa mudamu? Bagi generasi yang lahir tahun 1970-1980an jawabnya pasti Shogun. Inilah motor bebek dengan desain aerodinamis pertama di Indonesia.

Tanpa kehadiran motor ini, bisa jadi nasib motor bebek di Indonesia sama dengan di negeri jiran. Yang sampai sekarang modelnya masih mengacu pada era Honda 80.

Baca lebih lanjut

Tested, Batu Black Jade Menyerap Tinta di dalam Air


Black jade, batu hitam legam asal Aceh ini dipercaya mampu menyerap racun. Batuan yang termasuk kelas giok ini harganya pun cukup terjangkau. Paling murah 50rb bisa jadi 3-4akik.

Sebenarnya saya tidak terlalu tertarik denganya. Apa sih bagusnya? Palingan cuma jika disenter aja tembus berwarna kehijauan. Baca lebih lanjut

Hadeziggzzz, Bahan Fireopal Dijadikan Ganjel Pintu Rumah Mbah Bons


Setelah dari Magetan, rencana mau pergi ke Gunung Bancak di kec. Lembeyan untuk melihat langsung penambangan batu jasper rancang kencono yang katanya khas Magetan.

Dari kota Magetan, pengenya lewat Ngariboyo bukan Lembeyan seperti biasanya. Tapi apa daya, malah kesasar ke desa Mburikan, rumah kang Muhsin bonsaibiker.

Ya sudah, akhirnya mampir silaturrahmi ke rumah pak Muhsin dan pak Siswoyo. Setelah uluk salam dan ngobrol sana-sini.

Pak Sis mengambil ganjel pintu sambil berkata, “Ini lho mas, batu yang saya temukan waktu jaman dulu, saat mencari bonsai di hutan sampung.” kata pak sis Sambil menunjukkan sebuah bongkahan batu.

image

“Hadezzigg”
Rasane pengen semaputt mas sob.

Awalnya saya masih belum yakin. Takut pak sis kena serangan jantung :mrgreen: saya cuma jepret sana-sini, senter ini itu, plus video.

Begitu ngumpul sama perajin batu spesialis Fire Opal/FO. Hasil foto dan video langsung tak tunjukkin ke orang yang hobi nggarap FO. Dan ternyata betul!!! Ini bahan FO broo. Cuma masih kotor tertutup gamping dan kapur.

Saya pun langsung ditodong, “wani piro?”. :mrgreen:

Ini yang disebut, suka berburu semut diseberang lautan, gajah dirumah sendiri dipake ganjel pintu. :mrgreen: pisss mbah bons

image

Contoh Batu Akik Hasil Pewarnaan Treatment


Salah satu proses tritmen dalam pengolahan batu akik adalah pewarnaan. Yaitu menambahkan warna ke dalam batu.

Kok bisa? Ya jelas bisa. Teknik Pewarnaan pada batu sudah dikenal sejak lama, bahkan diyakini sejak zaman purba. Bisa dilihat dari lukisan di dinding batu goa goa manusia purba.

Ciri-ciri batu pewarnaan adalah.
1. Ada kontras, antara warna asli batu dengan warna pewarnaanya.
2. Pada warna tambahanya, tidak hanya tampak di permukaan batu saja.

Berikut contohnya saja.

image

King Wilis, Batu Akik Asli Madiun


image

King Wilis, demikian nama yang disematkan pada batu akik yang berasal dari gunung Wilis di wilayah kabupaten Madiun.

Batu ini jenis keluarga kalsedon. Dengam warna coklat tua buram, ketika disorot cahaya tembus menjadi hijau pupus kekuningan.

Bandrol harganya cukup wow, berkisar 1 jutaan. Klo menurut saya, tidak sebanding dengan kecantikan batunya.

image

Sebagai orang madiun juga, saya masih penasaran lokasi asal batu ini. Karena berdasar penelusuran saya, bebatuan akik di Gunung wilis madiun lebih banyak didominasi jenis jasper ati ayam bukan kalsedon. Dan umumnya malah cuma batu kelas koral.

Oke keep stoning dan smart buy

Pameran Akik Lawu Gemstone, Pertama kali di kota Magetan.


image

Udah lama gak main ke kota magetan. Kota kecil yang bersih dan tertata tapi mirip dengan kota-kota di eropa. Ada yang baru di kota ini, banyak perubahan arah jalan menjadi satu arah. Cukup membingungkan, walhasil 5kali muteri pasar besar magetan.

Pameran Lawu Gemstone ini bertempat di halaman parkir GOR Ki Mageti, di belakang kantor DPRD Magetan. Kantor DPRD magetan ternyata paling bagus dan megah dibanding daerah lain wilayah plat AE. Tapi soal jalan infrastruktur, kab. magetan paling ancurrr.

Animo pengunjing cukup ramai, terutama di sore dan malam hari. Saat pagi jam 10 saya tiba di lokasi, baru 50% lapak yang buka. Tapi pengunjungnya sudah cukup banyak.

Salah satu tujuan pameran untuk mendongkrak batu akik asli magetan. Jenis jasper yang diberi nama Jasper Rancang Kencono yang berasal dari Gunung Bancak.

Selain itu ada juga batu King Willis yang berasal dari Gunung Wilis di Kab. madiun.

Tapi yang paling mempesona adalah penampakan batu motif berikut ini.

image

image

image

image

Keep stoning, selalu ingat ini hanya batu, jangan mudah terbujuk rayu penjual batu … Beli pintar agar tidak pening pale.

Alat Test Kekerasan Batu Yang Asli


Menyambung artikel tentang, Salah kaprah diamond selector kok digunakan untuk mendeteksi kekerasan batu akik. Berapa pun harganya, apapun tipenya dan made in manapun. Diamond selector tetap tidak bisa digunakan untuk mendeteksi kekerasan batu akik.

Cara pakainya pun sebenarnya ribet, karena harus memakai ukuran carat diamond.

Alat test kekerasan batu yang profesional dan digunakan oleh banyak gemologist serta para geogolis adalah yang ini, MOHS Tester.

deluxe-mohs-mineral-hardness-pick-set-plastic-open-box-01

mohs-hardness-picks

Alat ini terdiri dari 8 jarum dari skala 2-9 MOHS. Alat ini tidak menyertakan angka 10 MOHS, karena berlian hanya bisa tergores dengan berlian. Jadi ketika batu tidak tergores oleh jarum nomer 9, berarti kelasnya sudah diamond/berlian.

Cara pemakaianya adalah dengan menggores batu permata / akik. Ya jangan bagian atasnya, tapi bawahnya saja yang tersembunyi. Cara menggoresnya diurut dari nomer mohs 2, jika tidak tergores dinaikkan ke level mohs 3 begitu seterusnya sampai batu tergores.

Berikut tabel rata-rata kekerasan batu dalam skala mohs

Angka MOHS Jenis Mineral
1 Talc
2 Gypsum
3 Kalsit
4 Florit
5 Apatit
6 Ortoklas
7 Kuarsa
8 Topas
9 Corondum : Safir, Ruby
10 Diamond / Berlian

Adapun batu adalah gabungan dari beberapa mineral. Seperti batu kalsedon yang terdiri dari mineral apatit, kuarsa dan ortoklas, sehingga tingkat mohs-nya berbeda-beda antara 5-7 tergantung komposisi mineralnya.

Dimana bisa membeli alat ini? yang saya tahu dulu (tahun 2003) dijual di grame** Sudirman Jogjakarta. Juga tersedia di lab-lab fakultas geologi jika ingin meminjam.

werkmaster-mohs-concrete-tester-4

Apakah menggores batu adalah satu-satunya cara mengukur kekerasan batu? 99% iya. Tak ada cara lain mengetahui seberapa keras batu kecuali dengan mengadunya.

Bagaimana dengan diamond tester? 100% bukan alat ukur atau alat uji kekerasan batu. Alat itu hanya mengukur suhu di dalam batu dan hanya berguna untuk diamond/berlian saja.
Bagaimana dengan mikroskop 100kali zoom? ente mau liat isi batu atau isi hati ane. :mrgreen:

Artikel sambunganya:
http://roda2blog.com/2015/06/09/salah-kaprah-diamond-selector-tidak-bisa-digunakan-mendeteksi-batu-permata-dan-akik/

Salah Kaprah, Diamond Selector tidak bisa digunakan mendeteksi batu permata dan akik


diamond-selector

Seiring demam akik melanda ada dagelan lucu saat yang sering dijumpai. Yaitu, banyak yang menggunakan alat diamond selector untuk menguji akik. Katanya sih untuk mengetahui ukurang tingkat “mohs” / kekerasan batu.

Jiannn ini dagelan tenan. Mana memakainya cuma pake feeling semau gue, ketika meng-set garis start lampu indikator.

Definisi Diamond Selector.
Alat ini hanya bisa dan khusus untuk mendeteksi berlian saja. Catat ya, hanya berlian saja. Bahkan corrondum/safir, rubi, zamrud yang angka mohs terpaut tipis dari berlian juga tidak bisa.

Cara kerja.
Diamond Selector bekerja berdasarkan suhu, yaitu mengukur suhu di dalam batu. Semakin besar batu permata semakin lebih panas, jadi kalau batu permata nya besar maka alat ini akan tidak akurat. Jadi? diamond selector bekerja dengan mengukur suhu panas pada berlian untuk mendeteksi apakah si berlian asli atau palsu. Bukan alat pengukur kekerasan batu.

Cara menggunakanya.
Naghh ini banyak yang enggak faham, kadang asal aja mengeset lampu start indikator.
Pertama perhatikan dulu ukuran si berlian berapa carat, untuk mengetahuinya pake alat ukur carat yang seperti ini
pengukur besar berlia carat

Setelah tahu ukuran caratnya. Lalu, lihat bagian belakang alat ini yang merupakan petunjuk pengaturan untuk penggunaan, nih gambarnya:
tulisan di belakang diamond selector

JIka ukuran berlianya 0.05 carat sampai 0.5 carat dan suhu ruangan adalah 100 – 300 Maka star awal lampu saat test adalah di level 4.

Jika di ruangan ber-AC maka suhu ruangan mengacu pada sensor suhu yang tertera di AC. Jika cuaca terik panas dan tempat test di luar ruangan, ya berarti suhunya bisa diatas 30derajat dan lampu start bisa lebih tinggi.

Jadi, alat ini bukanlah alat untuk ukur kekerasan batu permata, tapi hanya alat test keaslian berlian. Hanya bisa membedakan berlian atau bukan berlian.

Semoga bermanfaat. 😉

jika ingin mengetest kekerasan batu ini alat aslinya
http://roda2blog.com/2015/06/10/alat-test-kekerasan-batu-yang-asli/

Bacan, Si Batu Monkey Bisnis


image

Selain Barjad Api Wonogiri, yang populer dengan Fire Opal (walau sebenarnya bukan kelas Opal). Batu Bacan juga jenis batu akik yang menggila harganya. Padahal sejatinya, batu jenis ini lebih rapuh dari Fire Opal, yang bila kita lihat kekerasannya hanya 2,5 – 5 MOHS.

Lalu apa kemungkinan yang menyebabkan kenapa batu permata yang nama asingnya, Chrysocola ini banyak diburu kolektor:

1. Ulah Spekulan atau Monkey Bisnis.
Salah satu modusnya adalah dengan mengadakan kelas khusus bagi batu bacan di arena kontes. Dengan demikian, para pelaku batu bacan tetap bisa membandrol tinggi batunya seakan-akan si bacan punya prestis tersendiri.
Padahal bila diadu dengan kalsedon saja, kecantikan kristal si bacan kalah telak.

2. Batu bacan dihubung-hubungkan dengan magis, Ada yang merasa tingkat kepercayaan dirinya meninggi ketika mengoleksi atau memakai batu bacan. Ada pula yang menganggap batu ini bisa membawa keberuntungan. Klo kata saya mah, ini cuma suggesti dari penjual saja. :mrgreen:

3. Batu Bacan dapat berubah warna. Menurut penghobi bacan, batu ini memang bisa berubah warna jika direndam dengan minyak zaitun. Dari hijau tua ke hijau muda. :mrgreen: pernah saya bilang ke teman. Kenapa gak direndam pake pewarna aja, pasti lebih cepet kelarnya. :mrgreen: Si Bacan ini teksturnya sangat rapuh persis seperti kapur, bisa diremes-remes.

Jadi? hobi batu akik jangan mengikuti hawa nafsu menggebu untuk memiliki, jangan mudah tergiur suggesti dari bakul, harus didasarkan pada hal yang wajar karena batu tetaplah batu.

Aneka Macam Batu Akik Kecubung


Indonesia sangat kaya dengan variasi batu mulia. Salah satunya adalah Batu kecubung. Sebutan Batu kecubung disematkan pada batu gelap yang jika disorot cahaya dari dekat akan berubah warnanya.

Ciri khas batu kecubung natural adalah, meskipun berubah warna saat disorot cahaya, tapi di dalam batu terdapat serat-serat batu dan sedikit kotoran batu yang terperangkap di dalamnya ketika proses kristalisasi. Bukan bening cling.

Tipikal batu kecubung sangat keras tapi warnanua sangat emngkilap
Ada tiga macam kecubung yang populer.

1. Kecubung Ulung / Wulung.
Ini adalah batu kecubung paling favorit. Ada hampir di semua daerah penghasil batu kalsedon, tapi yang terbaik berasal dari Ponorogo dan Kalimantan.

Warnanya hitam pekat dan ketika disorot warnanya berubah ungu. Saat disorot juga kelihatan serat – serat batu keputihan dan beberapa bintik kotoran hitam.

Contoh yang Natural.

image

Contoh yang sintetis

cubung ulung sintetis asli

2. Kecubung Api / Condromowo
Batu hitam pekat yang bila disorot menjadi warna merah. Di jawa batu ini terkenal dengan nama Condromowo. Yang terbaik berasal dari Yaman dan Pulau Sumatera tepatnya Bengkulu dan Palembang.

Batu ini juga yang pernah dipakai Nabi Muhammad. Disebut juga batu Yahman.

image

Perbedaan yang asli dan Sintetis, pada batu sintetis warnanya cenderung merah hati bukan hitam dan saat disorot warnanya merah bening tanpa serat batu.

sintetis kecubung yaman

3. Kecubung Kopi
Batu ini berwarna coklat tua persis seperti ampas kopi. Tapi saat disorot warnanya coklat muda agak jingga.

image

Karena kurang populer, kecubung yang ini tidak ada sintetis nya.

Mengenal Fire Opal, Berjad Api Wonogiri


Batu Fire Opal atau Berjad Api asal Wonogiri ada 3 macam warna. Pertama  kuning bening, Kuning Jingga (orange) dan Kuning kehijauan.

image

Diantara ketiganya, yang pertama kali dulu dikenal sejak zaman kakek nenek adalah yg kuning kehijauan. Dan warna ini yang menurut saya paling cantik plus mistis.

Berikut foto bongkahan bahan fire opal ijo muda kekuningan.

image

image

Contoh bila sudah jadi

image

image

Lokasi penambangan batu dan data spesifik

image

Cuma ya perlu dicatat, harga barjad api sekarang ini sudah pada tingkat ngawir, melebihi emas dan permata. Padahal batu opal itu mudah pecah (mohs skala 5) beda dengan intan berlian.

Koleksi pembeerian eyang, opal motif paru-paru. Mungkin maksud simbah, jagalah paru-parumu, no smoking anymore. 😥

image

Batu Merah Satam Pecah Seribu : Si Ruby Sintetis Yang Memukau


image

Salah satu batu sintetis yang sering diakui keluarga Rubi adalah Satam atau Catam atau Katam. Berbeda nama tiap daerah.

Ciri khas batu ini adalah, adanya motif serat-serat pecah di dalam batu. Sehingga ada juga yang menyebutnya Rubi Pecah Seribu atau Pecah Seribu.

Warnanya kebanyakan merah muda meski ada juga yang hijau.

Batu ini adalah buatan, ada yg mengklaim bahwa bahan untuk membuat batu ini adalah pecahan-pecahan Rubi dan dari serbuk batu sisa pemolesan Ruby.

Batu ini memang indah dan menarik mata walau sintetis. Di saat sekarang yg lagi booming akik harganya juga meroket terutama yg warna hijau.

Normalnya harga batu satam antara 100-300ribu tergantung besar kecilnya batu dan motif cetakan. Paset atau oval bulat. Tanpa cincin.

Tapi saat ini, harganya bisa mencapai 1juta rupiah.

image

Mengenal Batu Ruby Asli


Sama seperti permata lainya, seperti Berlian, Zamrud dan Safir. Ruby sebenarnya bukanlah batu, tapi mineral alam.

Sedangkan Batu mulia merupakan campuran dari unsur-unsur mineral. Setiap mineral yang dapat membesar tanpa gangguan akan memperkembangkan bentuk kristalnya yang khas, yaitu suatu wajah lahiriah yang dihasilkan struktur kristalen (bentuk kristal).

Bentuk material Ruby alam

image

Ruby yang asli alam dan natural justru kurang menarik (menurut saya lho ya) karena tidak cling seperti kalsedon. Contohnya seperti berikut ini,

image

Saat disenter dari arah belakang, juga tidak tembus pandang layaknya Bacan atau ijo garut.

image

Karena mineral alam dan jumlahnya yang terbatas di alam, menjadikan Ruby mahal harganya. Walhasil banyak dibuat batu-batu sintetis tiruan Ruby. Seperti, Ruby Satam dan Ruby American Star.

Di Indonesia batu yang struktur mineralnya mirip Ruby adalah Red Borneo.

Lanjutanya artikel ini:
Mengenal Batu Ruby Pink Satam Pecah Seribu

Batu Akik Natural Vs Batu Akik Imitasi


Bagi yang hobi batu akik dengan tipe Rossi (klik di sinii) batu akik imitasi/palsu sama menggodanya dengan batu asli.

Yang paling menjengkelkan adalah jika ketemu penjual batu akik amatir yang membandrol harga batu imitasi dengan harga tinggi bahkan mengaku Asli, ya mungki karena dia sendiri juga gak tahu klo itu palsu 😈

Kelebihan batu imitasi adalah:
1. Ukuranya lebih presisi, lebih mudan dicarikan cincin ya.
2. Warna lebih mengkilap
3. Harga jauh lebih murah (20-30rb saja)

Soal kemiripan bagaimana? 99% sangat mirip. Tapi ya tentunya hanya 1% dari batu imitasi yang memiliki kualitas kw1, maka ya harus teliti memilihnya.

Berikut contoh batu Kalsedon red Baron Asli vs Imitasi Red Baron kw1. Sangat mirip bahkan lebih bagus yg imitasi to??

image

Tapi ya memilih batu imitasi butuh 2kali kecermatan dan ketilitian agar batu yg terpilih susah dibedain dari yg aslinya.

image

3 Tipe Orang Hobi Akik


Berdasarkan penelitian berikut ini adalah tipe orang suka batu akik saat ini.

1. Stoner (Pokoke Watu)
Tipe ini adalah maniak batu (stone) kalau bukan batu asli akan dianggap jelek walaupun bagus.

Sebagus apapun batu masakan tetap dianggap jelek. Tapi sejelek apapun batu, seperti contoh batu badar besi, ya tetap dianggap bagus.

Bahkan sangking maniak nya sama batu, batu koral sampai batu ABC pun dia gosok menjadi akik. :mrgreen:

2. Rossi (Rosso Siip)
Tipe ini terbagi dua, pertama adalah orang yang selalu mengutamakan keindahan warna pada batu akik, enggak peduli apakah terbuat asli batu alam atau masakan atau palsu atau imitasi, yang penting bisa membuat orang yang melihat terkagum-kagum.

Yang kedua, adalah orang yang selalu menafsirkan pola lukisan batu lalu memaksa orang untuk mengakui kebenaranya. Seperti batu pancawarna berikut ini, yang menurut si empunya bergambar penari Bali. Enak di dia, enek di gue.

image

3. Marquez (Mak Wiss)
Ini adalah tipikal penghobi batu akik yang paling setia berjanji. Awalnya dia tidak suka, lalu mencoba untuk mengunjungi pameran, nah kemudian dia terpikat akik lalu mulai berjanji.

“Ini adalah akik pertama dan terakhir yang saya beli.”

Lalu ketika ada pameran lagi, dia berkunjung lagi dengan maksud sekedar melihat-lihat sekaligus membandingkan betapa bagusnya akik yang dia pakai dibandingkan yg dijual para bakul.

Tapi setelah beberapa pujian pada bagusnya batu akik miliknya, padahal itu bisa juga modusnya si bakul. Mulailah dia berjanji lagi.

“Kayaknya perlu satu akik lagi nih buat nemenin yg ini, dan itu adalah yg terakhir saya beli”.

Siklus dan janji itupun terulang-ulang setiap kali ada pameran.

Cara Membedakan Batu Kalsedon Asli dan Imitasi


Saat ini sangat banyak di pasaran batu kalsedon imitasi/palsu. Lebih parah lagi, yang jual pun juga tidak tahu bila batu yang dia jual palsu karena tahunya dapet untung saat mumpung batu akik masih booming.

Batu Kalsedon memiliki banyak ragam warna, dan namanya pun menyesuaikan warnanya. Seperti Red Baron, Red Tomato, Orange Sunkist, Lavender dll.

Ciri utama dari batu Kalsedon adalah : Harus tembus cahaya.

Batu Kalsedon Asli harus memiliki serat batu yang biasanya bermotif seperti kulit kura-kura atau bentuknya seperti buah belimbing. Pada batu kalsedon kualitas terbaik, serat batu ini bisa dilihat hanya dengan menerawang ke arah cahaya. Sedangkan umumnya, baru terlihat setelah disenteri / disorot cahaya dari arah bawah.

Contoh serat batu motif kura-kura, serat ini tak bisa ditiru batu imitasi/palsu/masakan.
serat batu kalsedon

Serat batu bukan serat warna!.Nagh batu kalsedon imitasi/palsu juga bisa memiliki serat warna bahkan sekarang ini banyak juga yang bermotif “junjung derajat”.

yang dimaksud serat warna adalah motif warna bergaris pada batu kalsedon yang biasanya membentuk pola junjung derajat atau kantong semar atau garis garis adidas . Serat warna pada batu kalsedon ini bisa dipalsukan.

Contoh batu red baron palsu

contoh red baron palsu 1

Batu kalsedon palsu terutama red baron, warnanya mudah kusam. Test paling ekstrim, oleskan keringat (paling bagus klo kulitnya berminyak) pada permukaan batu.
Jika Palsu, akan susah untuk kembali clingg walau sudah anda gosok-gosokan pada kain baju anda
Jika Asli, cukup diusap dengan tangan sudah clingg lagiii.

contoh red baron palsu 2

Yang kedua, harus disenter dari bawah untuk melihat serat batu. Dan lihat foto diatas, batu tersebut memiliki serat warna yang bergaris-garis tapi sama sekali tak memiliki serat batu.