Arsip Tag: ponorogo

Anak SD Naik Motor, Lupa Jalan Pulang. Saya juga pernah!


image

Kisah nyata sob. Dua anak SD berkendara di kota Ponorogo lalu lupa jalan pulang. Padahal gak pakek helm, bedjo banget tuh gak kena razia polisi lalu lintas yang hampir tiap hari digelar 3kali sehari.

Dua anak ini bingung jalan mau pulang. Ditanya rumahnya dimana, juga bingung karena gak hafal nama jalanya.   Mungkin masih baru atau memang jarang diajak jalan- jalan sama kedua orang tuanya. Baca lebih lanjut

Gerhana Bertepatan Dengan Hari Nyepi, Ini Kisah Mistisnya


image

Gerhana Matahari tahun ini bertepatan dengan Hari Nyepi bagi umat Hindu. Nyepi adalah tahun baru dalam kalender Saka, Bali. Di hari itu dipercayai merupakan hari penyucian dewa-dewa yang berada di pusat samudera yang membawa intisari Amerta, air Kehidupan.

Baca lebih lanjut

Setelah menabung Selama 5 Tahun, Guru Ngaji Ini Akhirnya Bisa Membeli Motor Baru


image

Luar biasa, di era zaman serba kredit ini. Pak Dimyati, seorang Guru Ngaji asal Ponorogo. Memilih menabung selama 5 tahun daripada bahas ngutang, beli motor kredit.

Baca lebih lanjut

Reportase WK, Pendapatan Juru Parkir Di Ponorogo Mantab Akehe


image

Fakta mengejutkan r2b peroleh dalam reportase kali ini. Sistem parkir di kota Reog Ponorogo ternyata sangat menggiurkan bagi para juru parkir.

Berbeda dengan kota Madiun yang para Juru Parkirnya bagai kerja paksa. 1 lokasi lahan parkir, dikuasai oleh dua orang dan dibagi dalam dua waktu kerja shift, pagi dan sore.

Baca lebih lanjut

Reportase Pilkada Ponorogo, Saat Pemenang Ditentukan Oleh Para Pejudi


image

Prolog
Selamat datang di Ponorogo. Inilah Las Vegas van Java. Sudah bukan rahasia lagi, bila hajatan pilkada telah menjadi arena judi/botoh di Ponorogo. Mulai dari pemilihan kepala desa sampai Bupati.

Nilainya dari receh, puluhan sampai ratusan juta. Ini PO bung, dimana dollar mengalir, Uang Korea umbrukkan, Uang Taiwan sawanen, Ringgit malaysia ra payu.

Lawan Kuat Sugiri adalah Amin, Kenapa Ipong yang menang?

Baca lebih lanjut

Hasil Sementara Real Count KPUD Ponorogo, Ipong Ungguli Sugiri


image

Sampai pukul 10 malam. Hasil sementara real count KPUD Ponorogo berdasarkan sms yang masuk dari tiap-tiap TPS. Pasangan calon Bupati nomer 4, Ipong – Sujarno, masih terus unggul dibanding pasangan lainya.

Baca lebih lanjut

Quick Count Pilkada Ponorogo, Pasangan Nomer 1 dan 4 Bersaing Ketat, Nomer 2 Lengser


image

Berdasarkan survei LSSI (Lembaga Survei Sarwani Indonesia) di Pilkada Kabupaten Ponorogo. Pasangan nomer urut 1 (Sugiri- Sancoko) dan nomor urut 4 (Ipong Muchlisoni) bersaing ketat.

Baca lebih lanjut

Aldo Bocah Penipu Pencari Ibu Terpantau di Kota Solo, Hati-hati modusnya


image

Foto Aldo dalam posisi full face, Aldo sangat menghindari difoto

Bocah yang mengaku bernama Aldo Sahputra, yang sempat menghebohkan netizen karena mengaku diusir ibu tiri dan mencari Ibu Kandung di Ponorogo. Sekarang terpantau di Kota Solo. Baca lebih lanjut

Kirab Sepeda Hias Sudah Basi, Sekarang Kirab Sepeda Motor Hias


image

Kirab Budaya Kok Pakek Motor

Festival Kirab Bantarangin Ponorogo, atau yg lebih dikenal sebagai kirab penutupan bulan Sura/Muharram.

Tapi sekarang klo nontont kirab males dan muless. Niatnya pengen cuci mata dan otak ehhh dapatnya malah panen asap kendaraan.

Yang pertama asap disel dari sound system tiap kontingen. Lebih parah lagi, mobil yg bawa sound sistem asapnya juga ngebul, khas mobil diesel yang muatan penuh tapi dipaksa jalan di kecepatan rendahh. Baca lebih lanjut

Ponorogo, Swiss Van Java


image

Foto: Taman Nasional Swiss

Ingin pemandangan padang rumput yang luas yang dilatar belakangi puncak-puncak gunung?. Dengan hawa dingin nan sejuk khas?.

Ponorogo adalah destinasi yang tepat. Kota yang selama ini terkenal dengan kesenian Reognya, menyimpan destinasi wisata yang top markotop.

Baca lebih lanjut

Balon Lebaran dari Ponorogo, Tradisi dan Kreatifitas


image

Balon Udara Ponorogo. Foto: FB Agus Disanto

Salah satu tradisi idul fitri di Ponorogo adalah menerbangkan balon udara. Balon sederhana yang dibuat dari kantong plastik ini sekarang berukuran jumbo, jauh lebih besar daripada masa kecil saya dulu. Baca lebih lanjut

Prediksi Life Cycle Demam Batu Akik


image

Sebuah produk atau brand memiliki apa yang disebut “live circle”. Putaran kehidupan, lahir-tumbuh-berkembang-jaya lalu menurun terus melandai.

Batu akik saat ini memang masih booming. Sedang masa jayanya, sampai kapan, perkiraan saya sampai lebaran nanti.

Pada lebaran nanti, akik akan menjadi bahan obrolan dan buruan bagi para pemudik terutama pemudik dari daerah-daerah yg memiliki batu unik dan khas seperti wonogiri, ponorogo, pacitan dll.

image

Garis hijau adalah laba, pelaku akik yg menikmati laba terbanyak adalah di saat pasar sedang tumbuh/growth. Sedangkan disaat booming/maturity sekarang ini, labanya mepet atau tipis.

Setelah lebaran, akik akan langsung menukik memasuki masa Decline kembali seperti semula sebelum booming, menjadi niche market lagi.

Tapi ya klo hobi akik yg jangan terlalu lebay lahh. Ini yg bikin saya heran, sekarang cowok kemana mana pede pakek liontin. :mrgreen: hampir mirip klontong Sapi padahal ya.

image

Gak hanya pakek 1, tapi semuanya dipakek.

image

Batu Kalsedon Buah Tangan Touring


image

Jauh sebelum demam akik melanda, dari setiap perjalanan motoran, saya selalu mencari batu kalsedon atau biasa disebut batu lintang untuk dibawa pulang menjadi buah tangan untuk si kecil.

Terutama ya karena saya menyukai rute-rute alam pedesaan di atas gunung, melewati lembah dan hutan, lalu mandi di sungai biar tambah ganteng. :mrgreen:

Enggak disangka, sekarang demam akik melanda… Walhasil batu-batu tersebut ternyata bisa dijadikan bahan akik :mrgreen:

Berhubung di dekat rumah ada tetangga yang buka jasa poles batu menjadi akik, mulailah digergaji sebatu dua batu sampai beberapa batu. Setelah jadi cuma dijadikan mainan oleh dua anak saya.

Ada dua yang menurut beberapa rekan  kok istimewa, katanya sih jenisnya sunkist dan solar. Berhubung sekarang emban/cincin sedang langka ya baru dapet 1 yg dijadikan cincin.

image

Hanya dua ini yg akan saya jadikan, selebihnya akan ikut dipamerkan di Timbul Jaya Plaza Madiun 27-29maret. 😳 adapun bahan batu lainya, nunggu tambahan dana buat nggosok 😥

Soo bila sedang touring sebaiknya cari buah tangan yg anti mainstream, siapa tahu bisa berguna dan diberdayakan. 😉

image

Reog Ponorogo, a Never Ending Dance of Proud and Happynes


reog ponorogo a

The legend of Reog Dance form when Prabu Kelono Sewandono begin to attract the sympathy of the people to reclaim his kingdom.

Actually he is Airlangga, the Crown Prince of Medang Kingdom, who were fleeing to Ponorogo (wengker) after being attacked by Srivijaya kingdom. In exile, he was accompanied by Narotama which is described as a Bujang Ganong

Nowaday, the show of Reog brought the happines and togetherness. Keep in the people unity in diversity.

reog ponorogo 6reog ponorogo 4reog ponorogo 5

The Reog show consists of 3 main episodes. First, The jatil dance.

reog ponorogo 7reog ponorogo 8

Second, Bujang Ganong dance and attraction.

reog ponorogoreog ponorogo1reog ponorogo 10

And the final stage, the battle of two dadap named Singo Barong. Singo Barong or Dadap is a lion‘s head mask with peacock feathers, weighing up 60kilogram and 4-5 meters high. played with the teeth!!

reog ponorogo 3reog ponorogo 2

in the ponorogo city, reog performances are held every night of the full moon, at main stage of the town square.

Kampung Wisata Pagerukir Ponorogo, Album Photo


Puhpelem wonogiri pagerukir ponorogo (38)

Ini adalah kali ketiga saya mampir di kampung paling ujung barat kabupaten Ponorogo dan Jawa Timur. Sebelah barat gunung adalah Desa Kepyar sudah masuk Kecamatan Purwantoro, Wonogiri Jawa Tengah.

Keramahan penduduknya luar biasa, terutama kali kedua saya mampir di sini dan harus mampir berteduh karena hujan sangat deras di teras rumah Pak Islan.

Infrastruktur jalanya juga top markotop. Ada beberapa spot yang cocok dijadikan tempat melepas lelah menikmati pemandangan alam dan menghirup udara segar
1. Hutan dan Puncak Pagerukir
2. Puncak Tumpak Kucing

Lalu ada dua sumber air yang bisa dijadikan tempat berenang, yang sudah dibangun kolam penampungan air
1. Sumber air watu dukun dan situs purbakala. Tersedia toilet dan tempat rehat.
2. Sumber air Beji
Galery Foto:

Nahh urutanya biar tidak terlewatkan adalah
(1) Situs dan kolam Watu Dukun lalu naik terus ke atas lurus saja menuju (2) Hutan dan Puncak pagerukir kemudian turun mengikuti petunjuk arah ke SDN3 Pagerukir lalu terus lurus menuju (3) Sumber Air Beji kemudian naik 300meter ke (4) Puncak Tumpak Kucing.

Rute pulang bisa turun ke arah barat melewati Biting – Purwantoro tapi resikonya jalanya jelek ancurr … yahhh maklum Jawa Tengah gitu lohhh … atau ke timur lewat Kunti – Sumoroto atau Kunti – Badegan yang jalanya mulus.

Happy Nice Travelling sobb

pagerukir ponorogo (4)

Hobi Baru Anak Bengkel, Gosokk Batu Saat Lagi Sepi Garapan


hobi batu mulia (2)

Hobi batu akik sekarang ini lagi merajalela sobat. Sampai kapan tren ini akan terus berlangsung? kayaknya bakal lebih lama daripada ikan Louhan ataupun Talas Cinta. Kenapa? karena batu akik berbeda dengan dua komoditas tersebut.

Pertama: Batu akik memang sudah sejak lama diminati sebagai perhiasan.
Kedua: Batu akik susah dibuat dan bahanya pun juga susah dicari, berbeda dengan Anthurium dan Ikan Louhan yang mudah dikembangbiak.
Ketiga: Batu akik bersifat tahan lama seperti emas dan permata, dan sudah menjadi kodrat manusia untuk mencintai hasil tambang alam.
Keempat: Tren batu akik sekarang ini bukan berasal dari arena kontes.
Jadi?, batu akik bukanlah monkey bussines

hobi batu mulia (1)

Salah satu imbas dari demam batu akik adalah munculnya aktifitas baru di masyarakat. Yaitu menggosok batu, asal batunya bukan hitam langsung deh digosok :mrgreen:

Seperti yang dilakukan personel salah satu bengkel motor ini di Kota Ponorogo. Saat kondisi bengkel sepi karena hujan turun dari langit. Mereka sibuk berlomba menggosok batu untuk dijadikan batu akik.

Modal peralatanya sederhana, hanya lem G untuk merekatkan batu ke kayu. Lalu amplas untuk menggosok batu. Hasilnya? Luar biasa, enggak kalah dengan perajin penggosok batu professional mas bro.

Hasilnya juga lumayan untuk menambah pendapatan. Satu batu bisa dihargai antara 75ribu – 200ribu tergantung jenisnya. Malah katanya pernah nggosok batu warna merh yg laku dijual 500ribu.

hobi batu mulia (3)Nahhh ini baru hobi bagus, daripada nongkrong bengong di warung sambil ngudud ngabisin duit, kan enak tuh nongkrong sambil nggosok batu bisa nambah uang saku.

 

Situs Watu Dukun Ponorogo, Peninggalan Raja Airlangga dan Dharmawangsa


Puhpelem wonogiri pagerukir ponorogo (56)

Ponorogo pada zaman dahulu disebut dengan nama Wengker. Dalam berbagai prasasti nama Wengker kerap disebut telah ditaklukan dan biasanya disertai dengan penyebutan nama rajanya. Seperti prasasti Kamaglyan yang menceritakan kisah kemenangan Raja Airlangga atas Wijayawarma Raja Wengker bekas sekutunya bertahun 1006M.

Salah satu daerah yang kaya dengan peninggalan purbakala adalah kecamatan Sampung, di lereng selatan pegunungan Lawu. Daerah diyakini beberapa sejarawan sebagai Ibukota ketiga kerajaan Medang. Yang pertama berada di wilayah lereng Merapi, lalu pindah ke Wwatan Madiun. Kemudian pindah lagi ke Medang-Sampung ketika Wwatan-Madiun diserang Sriwijaya saat pesta pernikahan Airlangga dan Rajanya Dharmawangsa mati terbunuh.

watu dukun redmi (1)topografi bumi sampung

Sebagai Ibukota pelarian, wilayah dataran tinggi Sampung ini sangat cocok. Karena tanahnya subur dan kaya sumber mata air alami serta dikelilingi pegunungan yang menjadi benteng utama. Persis seperti Maccu Picchu di Peru. 😉

Salah satu situs warisan kerajaan Medang adalah Watu Dukun yang terletak di desa Pagerukir, Sampung. Sasaran paling mudah bila ingin kesini adalah mencari dulu SMPN 2 Sampung, dari SMP tersebut hanya berjarak 1 KM. Jangan seperti saya yang muteri gunung ke Puhpelem Wonogiri dulu. :mrgreen: atau paling mudah adalah dari Badegan, sebelum polsek belok kanan bila dari arah PO.

watu dukun redmi (8)

Situs ini terdiri dari : balok altar (meja) dan 4 batu kursi, batu salju, sendang watu dukun, batu berudak, batu suci, serta batu menyerupai ranjang itu, lalu tugu menhir dengan tulisan huruf pallawa. Beberapa dugaan menyebutkan bahwa situs ini adalah peninggalan era Dharmawangsa Raja Medang sekaligus mertua Airlangga. Sedangkan pendapat lainya menyatakan bahwa ini adalah tempat Airlangga mengasingkan diri setelah kerajaan mertuanya hancur diserbu Sriwijaya.

Dalam serangan itu, Dharmawangsa Teguh tewas, sedangkan Airlangga lolos melarikan diri ke hutan pegunungan (wanagiri) ditemani pembantunya yang bernama Mpu Narotama, Pagerukir inilah yang diyakini sebagai w . Saat itu ia berusia 16 tahun, dan mulai menjalani hidup sebagai pertapa. Setelah tiga tahun hidup di hutan, Airlangga didatangi utusan rakyat yang memintanya supaya membangun kembali Kerajaan Medang. Airlangga kemudian sukses membangun kerajaan baru bernama Kahuripan.

Situs ini berada di sebuah kaki bukit, sepertinya asal muasal benda-benda tersebut adalah di atas bukit lalu diturunkan. Bukin yang berada di belakang situs juga cukup aneh struktur bebatuanya persis seperti pundek berundak di gunung padang. Apakah di dalamnya ada bangunan yang terkubur? entahlah

 

Di seberang jalan situs ini ada sebuah sumber mata air dua warna dua kolam. Ini yang sangat saya sesali, kenapa enggak bawa celana kolor atau sarung, cuma bisa ngilerr meredam hawa nafsu untuk kungkum. :mrgreen:

Adapun berdasarkan cerita rakyat, semasa pengembaraan Airlangga bersama Mpu Narotama. Keduanya berguru ke seorang empu yang sangat tersohor yaitu Empu Bharada. Di Situs Pager Ukir inilah Airlangga digembleng ilmu jaya wijaya dan ilmu kanuragan. Hingga akhirnya Airlangga lulus dan diberi gelar oleh gurunya sebagai Prabu Kelono Sewandono sedangkan Narotama berganti nama menjadi Pujanggo Anom.

Kedua tokoh nama Kelono Sewandono dan Pujonggo Anom merupakan tokoh yang digambarkan dalam kesenian reog Ponorogo, yaitu gambaran seorang Satriya yang sakti mandara guna dan berperilaku baik.

Nagh sobat selain situs ini apalagi yang bisa kita dapat dari perjalanan wisata ini?, adalah pemandangan alam. Selepas dari situs ini anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Puh Pelem Wonogiri, bisa menyusuri jalanan beraspal dengan suasana hutan alam yang asri dan hawa dingin khas pegunungan. Atau yang lebih eksotis lagi menelusuri jalanan setapak pedesaan yang sudah dicor beton. Jangan takut tersesat toh masih di tanah Indonesia kok. 😉 selamat berkelana.

Berikut liputan jalur eksotis tersebut 😉

Riding Report, Rute Puhpelem Wonogiri-Pagerukir Ponorogo, Serasa Kembali ke Masa Lalu

 

 

 

 

Soto Bu Nunik Ponorogo, Citarasa Mirip Soto Banjar


image

Selepas melepas penat mencicipi kuliner khas setempat adalah wajib. Di sebelah utara perempatan Wringinanom ada warung Soto Sederhana yang cukup terkenal dan ramai.

Citarasa sotonya cukup mengejutkan, baru tahu kalau di Ponorogo Selatan kuah soto dicampur santan. Walhasil rasanya sangat mirip dengan Soto Banjar Kalimantan. Mantapp … langsung teringat Warung Soto Banjar di Jl. Abu Bakar Ali Jogja.

image

Bahan ayamnya nyell Ayam Jago Kampung. Apalagi Ayam gorengnya yang tersedia di meja sebagai lauk tambahan, wuiantapp poll. Bumbunya merasuk tajam ke setiap gigitan. Empuk walaupun Ayam Jago.

Cuma harganya yang bikin dendam, setelah mbayar dijamin bakal kaget. Setelah menyantap:
– 2 piring Soto
– 2 gelas teh anget
– 2 tempe Goreng.
– 1 Paha Ayam goreng.
Lha kok total semuanya Rp. 11,000 perak doang. Awass tunggu pembalasan saya kalau mampir lagi, itu ayam gorengnya bakal saya habisin. :mrgreen:

image

Gunung Gajah Ponorogo 2014 via Kamera Evercoss A7S


Gara-gara dikompori foto-foto Haji Taufik tmcblog.com yang lagi kopdar bareng Komodo di Pulau Komodo. Jadi kepingin menghirup angin gunung juga.

image

Berikut suasana Ponorogo dari atas Gajah

image

lagi

image

next

image

maneh

image

terus

image

lanjut

image

sudah

image

Betapa sedapnya jalur Ponorogo-Pacitan


Tak bisa dipungkiri, selama SBY memangku jabatan presiden selama 10 tahun ini. Infrastruktur ke Pacitan bertambah bagus sekali. Daerah yang dulu seperti terisolir itu kini menjadi sangat mudah dituju.

Terutama jalan raya Ponorogo-Pacitan yang dulu sempit diapit tebing dan jurang, kini luas menganga menggoda untuk injak gas poll rem poll :mrgreen: Tak ada lagi sisa jalur sempit antara Galbo dan Arjo, semuanya sudah lebarr dan nyaman. Jauh lebih nyaman daripada rute Pare-Batu yang tetap sempit … abis presidenya bukan orang Malang sih.
Jadi ya enggak salah dong bila saya mengharapkan Dahlan Iskan jadi Presiden, biar jalanan di daerah Magetan bisa halus mulus meluas. dan siapa tahu mbah bonsai (bonsaibiker.com) bisa jadi menteri transportasi daerah tertinggal.Seberapa mulus jalanya? Ah males saya klo disuruh moto aspal. Mending yang begini aja ya. :mrgreen:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Note: Penting untuk siperhatikan, saat dipantai pegang erat pacar anda ketika bertemu jomblo di pantai

DSCF1522

Dawet Jabung Mbak Jannah Ponorogo, bisa bikin awet muda dan mengobati galau


Selepas kopdar timur tengah, antara blogger jawa timur dan jawa tengah :mrgreen: rombongan timur terbagi menjadi 2.

1 rombongan melalui rute biasa via magetan-madiun, yang 1 lagi ambil rute Cemoro sewu-plaosan-poncol-parang-ponorogo yg harus saya tuntun biar gak tersesat.

Sesampai di ponorogo, karena motor dan rider sama-sama kehausan, selepas isi minyak di spbu langsung meluncur ke Jabung untuk melepas dahaga.

Dawet jabung sebenarnya khas dawet-dawet jawa, dengan sirup dari gula aren, cendol dari tepung kanji/aci dan santan. Identik sama dengan dawet di prambanan-Jogja.

Cuma yg beda khasiatnya, ini serius lho ❗

Dawet jabung dipercaya dapat mengobati patah hati, menyembuhkan dilemma dan mengatasi galau. Serta bisa membuat konsumenya merasa lebih muda bahkan yg kakek-kakek bercucu pun bisa lupa umur. :mrgreen: dan waktu.

Ya seperti mbah wir juragan nyobamoto.com yang langsung mesem, lupa status jomblo dan pokoke langsung bilang maknyusss padahal belum ngicipi dawetnya.

Dan ini rahasia khasiat mujarab dawet jabung :mrgreen:
image

Sampe ada yg mau malu aku dipojok
image

Malah do foto, ra sido ngombe, satunya lagi updet status
Hayah …
image

Mpun monggoo bila berkunjung ke Jabung Ponorogo, pilih warunge mbak jannah 🙂 utara bangjo, barat jalan.
image

Yang moto mbah wir lhoo Rek
kopdar20131

Kalau yang ini:
– Warung Kopi secantik Syahrini

Byson Vs Megapro di medan offroad, 9:7


gajah2

Akhirnya kesampaian juga bikin perbandingan duo motor ini di medan halang rintang :mrgreen: atau bahasa kerenya Ride to Top Hill. Kesempatan datang ketika kemaren ikut proyek Quick-count (klik di sini).

Yamaha Byson
Persis seperti husnudzon saya, Si Kebo sangat enak diajak melibas jalanan aspal yang sudah hancur dan menyisakan batu koral dan pasar.

wpid-DSCN2516.JPGwpid-DSCN2509.JPG

Saat menanjak, Torsi Byson yang smooth tapi powerfull plus raungan mesin yg halus merdu bikin enjoy selama melahap tanjakan yang berkelok, sempit dan hancur. Mirip-mirip sama PZOO yang pernah saya perkosa di coban rondo (klik di sini)

Nggak perlu takut klo mesin tiba-tiba melompat, atau terganggu suara mesin yang ngeden tersiksa. pokok’e smooothhh bae laghh.

Titik center motor yang tepat berada di tengah-bawah, juga bikin enak buat goyang dombret … khas Yamaha laghh, n u know laghh

Satu-satunya minus adalah Ban belakang, kurang nge-grip saat turunan. Entah karena ukuran yang besar atau pola alur ban?, tapi klo menurut saya ya karena Banya kurang angin :mrgreen: .  Tapi itu berhasil ditutupi dengan handling Kebo yang super jinak.

Honda New Megapro
Ya kurang lebih sama lagh dengan Byson, cuma bedanya: Handling kurang mantap, suara mesin meraung-raung dan Torsi yang melompat-lompat.

gajah11

Riding Reportnya (Klik di sini)

Kesimpulan
Karakter Byson sangat cocok dipake untuk Ride to Top Hill seperti hobi saya. :mrgreen:

wpid-DSCN2499.JPG

 

 

The Wild South: Gunung Gajah Ponorogo


Setelah hampir 2 minggu disibukan oleh urusan Pekan Olahraga tingkat MI Se-Kab. Madiun. Seperti biasa, untuk melepas penat saatnya “discovery” menjelajah daerah-daerah terpencil di seputaran Madiun-Ponorogo.

Kebetulan ada rekan guru menawarkan sasaran super ekstrem, Gunung Gajah (tingginya mungkin Cuma 1500m-an), diperbatasan Kec.Bungkal-Sambit Kab.Ponorogo. Dengan berboncengan ber-dua, kami memilih rute yg super ekstrim … Sambit-Wringin anom – Gn.Gajah, langsung to the top hill lewat sisi utara. Baca lebih lanjut